Ruintech : OS Open Solaris


OpenSolaris


     OpenSolaris adalah sistem operasi berbasis open source yang dikeluarkan oleh perusahaan Sun Microsystem dengan lisensi CDDL (jika linux lisensinya GPL). OpenSolaris adalah versi open source nya dari sistem operasi Sun Solaris. OpenSolaris ini bersifat gratis seperti layaknya open source seperti Linx, FreeBSD dan open source yang lainnya.

Konsep “Open” Solaris atau open source adalah sebagai berikut :


Free redistribution : setiap orang bisa membeli atau memberikan secara bebas software tersebut oleh dirinya sendiri atau sebagai bagian dari kumpulan distributor


Source Code : sumber / source harus tersedia untuk semua distribusi


Derived Works : setiap orang bisa mengubah kode dan mendistribusikan kembali


No Discrimination : kode harus disediakan untuk seseorang untuk dikembangkan

Beberapa kelebihan OpenSolaris dari sistem operasi lain :

ZFS
     Mirip seperti feature Restore di sistem operasi Windows, tetapi lebih bagus dan mudah dalam pemakaiannya.

DTrace
     Dapat mengamati dimana aplikasi banyak menggunakan waktunya dan berapa lama. Sebagai piranti pengetes, DTrace digunakan untuk mengetahui apakah sebuah fungsi dipanggil dan dimana.

Manajemen Kegagalan
     Memungkinkan sistem secara aktif mencegah, mendiagnosa, dan memulihkan dari kegagalan

Zona (Zones)
     Mengimplementasikan sebuah abstraksi sistem operasi yang memungkinkan beberapa aplikasi berjalan secara terisolasi satu dengan lainya di perangkat keras fisik yang sama.

Multimedia dengan Codeina dan Elisa
     Codeina adalah utilitas untuk memungkinkan pengguna untuk menginstal plugin tambahan media. GStreamer berbasis aplikasi media akan auto deteksi saat pengguna mencoba untuk memutar file media yang terdapat dari plugin tersedia secara on-line Fluendo.