Ruintech : LINUX OS PlayStation2


     Linux untuk PlayStation 2 (atau PS2 Linux) adalah sebuah kit dirilis oleh Sony Computer Entertainment pada tahun 2002 yang memungkinkan konsol PlayStation 2 yang akan digunakan sebagai komputer pribadi. Ini termasuk Linux berbasis sistem operasi, USB keyboard dan mouse, VGA adapter, sebuah jaringan PS2 adaptor (Ethernet saja), dan 40 GB hard disk drive (HDD). 8 MB kartu memori yang diperlukan; itu harus diformat pada saat instalasi, menghapus semua data yang sebelumnya disimpan di atasnya, meskipun setelah itu ruang yang tersisa dapat digunakan untuk savegames. Sangat dianjurkan bahwa pengguna Linux untuk PlayStation 2 memiliki pengetahuan dasar tentang Linux sebelum menginstal dan menggunakannya, karena command-line interface untuk instalasi.

     Linux Kit berbalik PlayStation 2 menjadi sebuah komputer penuh sistem, tetapi tidak memungkinkan untuk digunakan dari DVD-ROM, kecuali untuk membaca PS1 dan PS2 discs karena masalah pembajakan oleh Sony. [Rujukan?] Meskipun HDD yang disertakan dengan Kit Linux tidak kompatibel dengan PlayStation 2 permainan, reformatting HDD dengan disk utilitas yang disediakan dengan HDD ritel memungkinkan penggunaan dengan PlayStation 2 permainan tetapi menghapus PS2 Linux, meskipun ada seorang sopir yang memungkinkan PS2 Linux untuk beroperasi setelah disalin ke APA partisi diciptakan oleh utilitas disk. Adaptor Jaringan disertakan dengan kit yang mendukung Ethernet; driver download modem tersedia untuk mengaktifkan dukungan jika Jaringan ritel Adaptor (yang termasuk built-in V.90 modem) digunakan. Mendukung kit ditampilkan pada monitor RGB (dengan sync-on-hijau) dengan menggunakan kabel VGA yang disediakan dengan Linux Kit, atau televisi dengan kabel normal disertakan dengan PlayStation 2 unit.

     Distribusi Linux yang PS2 didasarkan pada Kondara MNU / Linux, sebuah distribusi Jepang itu sendiri didasarkan pada Red Hat Linux. PS2 Linux adalah serupa dengan Red Hat Linux 6, dan memiliki sebagian besar fitur yang diharapkan dalam Red Hat Linux sistem 6. Saham kernel Linux 2.2.1, tetapi dapat ditingkatkan ke versi yang lebih baru seperti 2.2.21, 2.2.26 atau 2.4.1

     Linux kit tujuan utama adalah pengembangan perangkat lunak amatir, tetapi dapat digunakan sebagai salah satu akan menggunakan komputer lain, walaupun jumlah kecil memori dalam PS2 (32MB) membatasi aplikasi. Tercatat perangkat lunak open source yang mengkompilasi pada kit termasuk Mozilla Suite, XChat, dan Pidgin. Aplikasi ringan lebih cocok untuk PS2 yang 32MB RAM termasuk xv, Dillo, Ted, dan AbiWord. Default window manager adalah Window Maker, tapi mungkin untuk menginstal dan menggunakan Fluxbox dan FVWM. USB port konsol dapat dihubungkan ke perangkat eksternal, seperti printer, kamera, flash drive, dan CD drive.

     Dengan PS2 Linux, pengguna dapat memprogram-nya / game-nya sendiri yang akan bekerja di bawah PS2 Linux, tetapi tidak pada yang belum diubah PlayStation 2. Free open source code untuk game yang tersedia untuk di-download dari situs dukungan Linux PS2. Ada sedikit perbedaan antara PS2 Linux dan perangkat lunak Linux yang digunakan pada sistem yang lebih mahal ( “Perangkat”) yang digunakan oleh pemegang lisensi game PlayStation profesional programer. Beberapa permainan diciptakan amatir diserahkan kepada kompetisi seperti Independent Games Festival kompetisi tahunan. Mungkin bagi amatir untuk menjual permainan atau perangkat lunak yang dia mengembangkan PS2 menggunakan Linux, dengan pembatasan tertentu rinci dalam Perjanjian Lisensi Pengguna Akhir. Amatir tidak dapat membuat dan menjual CD dan DVD permainan, tetapi dapat menjual permainan online melalui download.

     Seperti tahun 2003, kit ini secara resmi tidak lagi dijual di Amerika Serikat karena seluruh alokasi NTSC kit yang dijual keluar, tapi tersedia melalui impor atau melalui situs lelang seperti eBay.Beberapa salah berspekulasi itu digunakan sebagai upaya untuk membantu mengklasifikasikan PS2 sebagai komputer untuk mencapai status bebas pajak dari Uni Eropa tertentu pajak yang berlaku untuk konsol permainan dan bukan komputer (Itu adalah Uni Eropa Yabasic disertakan dengan unit yang dimaksudkan untuk melakukan itu) . [rujukan?] Meskipun demikian, Sony kalah dalam kasus pada bulan Juni 2006. Kit ini dirilis dalam semangat sebelumnya, Net Yaroze Sony PlayStation dan melanjutkan dukungan mereka hobbyist programmer dengan dukungan Linux di PlayStation 3.

     Versi asli dari kit Linux PS2 hanya bekerja di Jepang SCPH-10000, SCPH-15000 dan SCPH-18000 Playstation 2 model. Itu datang dengan sebuah interface card PCMCIA yang memiliki port Ethernet 10/100 dan eksternal harddisk IDE kandang (karena tidak ada ruang di dalam unit). Kit ini tidak dapat digunakan dengan model kemudian PS2 (yang mencakup semua model non-Jepang) karena model ini dihapus PCMCIA port.

     Kemudian versi PS2 Linux kit menggunakan antarmuka yang sangat mirip dengan antarmuka HDD / Ethernet dijual kemudian untuk bermain jaringan (yang kemudian dibebaskan Jaringan Adaptor juga dapat digunakan dengan kit, termasuk built-in 56k modem.) Kit ini menempatkan keras drive internal ke PS2, di MultiBay. Dengan kit ini, hanya model SCPH-30000 dari PlayStation 2 secara resmi didukung. Kit tidak bekerja sama baiknya meski dengan model lebih baru daripada SCPH-30000 dengan pengecualian bahwa koneksi Ethernet cenderung membeku setelah periode singkat digunakan. Jadi yang lebih baru SCPH-50000 PlayStation 2 model ini hanya akan bekerja dengan benar dengan PS2 Linux dengan Diperbaharui driver adapter jaringan, yang harus ditransfer ke PlayStation 2 HDD dengan menggunakan salah satu model yang lebih tua PlayStation 2 untuk mentransfer sopir atau Linux PC dengan sebuah IDE port. Kedua metode melibatkan bertukar HDDs, dan metode yang terakhir memerlukan membuka kasus PC. Hal ini disebabkan oleh ketidakmampuan untuk menggunakan perangkat USB Mass Storage yang relatif lama dengan kernel (versi 2.2.1) dikirim dengan kit. 

     Tipis SCPH-70000 PlayStation 2 model tidak bekerja dengan PS2 Linux sama sekali, karena kurangnya dari sebuah hard drive antarmuka, meskipun sangat sedikit model awal dalam revisi ini memiliki bantalan solder interface IDE pada motherboard yang dapat digunakan (tetapi diperlukan Modding dari konsol, sehingga para garansi void.) Meskipun demikian, jaringan dimungkinkan untuk boot dari PXE server.