Linux Dewa




     Kali ini rui akan memberikan sedikit review tentang Distro Dewalinux, sebuah Distro karya Anak Bangsa yang merupakan hasil Derivated dari Ubuntu.
     Dewalinux hadir dengan tampilan yang sangat mirip dengan tampilan windows Vista, dan mirip juga dengan tampilan Linuxmint yang sama-sama merupakan turunan Ubuntu.Pada saat pertama booting, tampilan splash screen yang menawan hadir dengan dasar warna biru dan tulisan Dewalinux warna Orange. Setelah masuk, kita mendapatkan sebuah tampilan desktop yang wah dengan background warna biru dan tulisan Dewalinux yang transparan dengan default beberapa widget.
     Bagi pengguna Windows yang baru menggunakan Linux akan sangat nyaman dalam menggunakan Distro Dewalinux, hal ini dimungkinkan dengan tampilan menu yang mirip dengan tampilan desktop Windows.Seperti biasa, saya mencoba Distro ini pada komputer saya yang masih PIII 866 Mhz dengan memory 256 Mb, Live CD berjalan lancar begitu juga dengan semua Aplikasinya.Proses instalasi bisa dilakukan dalam keadaan Live CD, cara Instalasi juga mudah, sama persis dengan tata cara Instalasi Ubuntu pada umumnya.
     Aplikasi yang disematkan dalam Dewalinux cukup lengkap, dengan Open Office untuk Aplikasi perkantoran dan Codec multimedia yang lengkap, sehingga bagi pengguna awam bisa langsung menggunakan Komputernya untuk bekerja sambil mendengarkan File multimedia tanpa perlu repot menginstall aplikasi pihak ketiga seperti pada system Operasi Windows.
Jika anda menyukai ketangguhan Sistem operasi GNU/Linux dan cinta produk dalam negeri, Dewa Linux adalah Pilihan anda selain BlankOn tentunya


     Dewalinux  Eiffel, karena hampir sepenuh pengerjaannya dilakukan di Paris, Perancis, oleh Kepala Tim Pengembang Dewalinux, Sudarko, yang tengah bergabung dengan tim penelitian internasional di bidang kimia di salah satu universitas di ibukota Perancis tersebut. Eiffel dipilih karena merupakan salah satu landmark dan icon kota Paris paling terkenal di dunia, selain gereja Notre Damme, monumen Arc de Triomphe, Chams Ellysees, dan tentu saja musium Louvre.

Yang Baru di Dewalinux-Eiffel
Dewalinux-Eiffel memiliki beberapa hal baru dari versi sebelumnya: Dewalinux Rencong, antara lain:
  • Merupakan remaster dari Ubuntu Hardy Heron, menggantikan Ubuntu Gutsy Gibbon
  • Tampilan seperti Windows Vista
  • Menggunakan default Gnome sebagai desktop manager, menggantikan lxp-icewm
  • Sudah menyertakan Compiz Fussion sebagai desktop effect
  • dan lain-lain.