Blu Ray Disc


Blu Ray Disc



     Blu Ray disc adalah media penyimpanan cakram optik, yang terutama digunakan untuk penyimpanan video high-definition dan data. Meski secara fisik mirip dengan CD dan DVD, Blu Ray disc adalah lompatan besar, dalam hal format penyimpanan dan kapasitas memori. teknologi Blu Ray melibatkan penggunaan laser biru untuk membaca dan menulis data ke disk. Panjang gelombang laser biru secara substansial lebih rendah dari laser merah yang digunakan oleh format DVD. Perbedaan antara dua format tersebut adalah kapasitas penyimpanan mereka.


     Sebuah single layer Blu Ray disc dapat menyimpan data 25 GB, sementara dua-lapisan Blu-ray disc mampu menyimpan data 50 GB. Saat ini, format disc Blu-ray didukung oleh lebih dari 180 perusahaan yang bergerak dalam elektronik konsumen, komputer, media rekaman, video game, dan musik.

Sejarah Blu Ray
     Pada tahun 1998, set HDTV komersial telah mulai muncul di pasar. Namun, tidak ada cara umum yang diterima untuk merekam dan memutar konten HD. Juga, tidak ada media penyimpanan yang tersedia untuk codec HD. Meskipun itu adalah fakta yang terkenal bahwa menggunakan panjang gelombang yang lebih pendek akan memungkinkan penyimpanan yang lebih tinggi, tidak ada format penyimpanan standar yang telah diciptakan sampai saat itu. Penemuan dioda laser biru oleh Shuji Nakamura, seorang profesor di University of California, terbukti menjadi terobosan besar bagi penemuan teknologi dalam Sejarah Blu Ray.

     Blu Ray Disc Association didirikan pada Februari 2002. Itu adalah kelompok individu dari bidang elektronik, komputer, dan film, yang dikreditkan dengan perkembangan format disc Blu-ray. Selama tahun-tahun awal perkembangan teknologi Blu-ray, lapisan perekaman data yang digunakan untuk ditempatkan di sekitar dekat permukaan disk. Karena fitur ini, cakram Blu-ray dari mereka yang rentan terhadap goresan dan kontaminasi dan karenanya harus dilindungi oleh cartridges. TDK datang dengan polimer lapisan keras untuk cakram Blu Ray, sehingga menghilangkan kebutuhan kartrid. Segera, Panasonic dan Sony juga mengembangkan teknologi hard-coating.

     Sekitar tahun 2002, Forum DVD yang tampak setelah pengembangan dan distribusi DVD dan HD DVD format, dibagi atas argumen tentang apakah untuk melanjutkan pengembangan teknologi laser biru. Sebulan kemudian, DVD Forum mengumumkan bahwa mereka akan menciptakan solusi untuk laser biru sendiri. Sementara penjualan HD DVD diterima dengan sambutan yang baik, bahkan cakram Blu Ray mampu mulai pada kecepatan yang relatif lebih rendah. Tapi teknologi Blu-ray telah muncul sukses dalam persaingan dengan format penyimpanan lainnya. Dalam pertempuran Blu-ray disc v / s HD DVD, Blu-ray lah yang menang, dan kemenangan yang tampak jelas ketika Blu-ray disc dan pemutar disk mulai melakukan penjualan besar.

     Para pemain disc Blu-ray pertama dijual pada pertengahan tahun 2006. Judul disc Blu-ray pertama dirilis segera setelah ini, yang pada tanggal 20 Juni 2006.

     Karena kapasitas penyimpanan yang tinggi dan efisiensi dalam penyimpanan data definisi tinggi, Blu-ray disc terus mendominasi pasar. Kemajuan terbaru dalam teknologi telah menyebabkan produksi quad-layer Blu Ray disc. Mini Blu Ray disc mampu menyimpan data 7,5 GB, dan BD5 dan BD9 yang mendukung audio dan video stream beberapa varian cakram Blu-ray. Pada akhir tahun 2008, lebih dari 1200 judul Blu-ray telah dirilis di Amerika Serikat.