Ruintech : OS ZORIN 12






      Zorin OS 12 merupakan distribusi Linux yang menggunakan Ubuntu sebagai base-nya. Distro ini sudah sedari dulu dikenal sebagai Distro yang diciptakan untuk para pemula yang ingin mencoba Linux. Hal tersebut jelas terlihat dengan lingkungan dekstop (Dekstop Environment) mereka yang identik dengan Microsoft Windows yang mana sudah kita ketahui bahwa Windows merupakan Sistem Operasi paling banyak digunakan oleh User awam. Zorin juga secara default menyedikan program WINE yang memungkinkan untuk dapat menjalankan program-program dari Windows, Sehingga sangat cocok digunakan untuk User yang baru bermigrasi dari Windows dan baru saja mengenal Linux.


Zorin OS 12 Core dan Ultimate

      Menarik, Zorin OS 12 rilis dalam dua edisi, yaitu edisi Core dan Ultimate. Untuk edisi Core dari Zorin OS 12 dapat diunduh dan digunakan secara gratis, namun untuk edisi Ultimate harus membayar sekitar 19 Uero untuk dapat digunakan secara legal. Edisi Ultimate dari Zorin menawarkan beberapa layanan yang tidak kamu dapatkan dari edisi Core seperti Beberapa aplikasi unggulan dan game yang sudah otomatis terpasang, Beberapa pilihan Dekstop Environment, Video Wallpaper, Technical Support, dll. Biar begitu kamu tidak benar-benar mendapatkan Sistem Operasi yang miskin fitur walapun kamu menggunakan Zorin OS 12 Edisi Core, hal ini beralasan karena beberapa fitur pada edisi Ultimate tersebut juga bisa kamu install secara manual pada edisi core. Jadi sebenarnya fitur pada Zorin OS Ultimate tidaklah benar-benar esklusif untuk edisi ultimate saja dan Zorin OS Core tetaplah (sangat) layak untuk dijajal.

      Pada tahap instalasi, Zorin OS 12 memiliki kemiripan dengan Distro "mentahnya" Ubuntu, seperti pilihan untuk langsung masuk ke tahap Instalasi atau ingin melihat dan mencoba Demo-nya terlebih dahulu (Live). Tahap instalasi Zorin OS pun identik dengan Ubuntu 16.4, hanya saja dengan tampilan yang lebih segar dan Untuk kamu yang sudah pernah melakukan instalasi Ubuntu 16.4 tentunya tidak akan kesulitan dengan instalasi pada Zorin OS yang sederhana, namun untuk kamu yang belum merasa mengerti betul dengan instalasi Linux (khusunya pada tahap konfigurasi partisi) harap melihat dulu tutorial di Internet.


      Demi mewujudkan misinya sebagai sistem operasi yang user-friendly untuk "mantan" pengguna Windows, Zorin OS membangun lingkungan dekstop hasil modifikasi dari GNOME yang identik dengan Windows. Start menu dipojok kiri, jam dan notifikasi battery dipojok kanan yang identik dengan Windows juga akan kamu temukan pada Zorin OS ini. Menariknya pada Zorin OS 12 ini terdapat tiga jenis layout yang bisa kamu pilih, layout pertama identik dengan tampilan Windows 10 , layout kedua agaknya mirip dengan tampilan Windows XP, dan terakhir layout ketiga familiar dengan tampilan Ubuntu Unity. Kamu bisa memilih ketiga layout tersebut pada Zorin Appearance.

      Setting pada Zorin OS mengingatkan saya pada Control Panel pada Windows, yang mana pada interface tersebut adalah pusat dari seluruh konfigurasi pada Zorin OS tersebut, disana terdapat banyak menu-menu yang mewakili fungsinya masing-masing.


      Zorin Appearance merupakan bagian yang cukup menarik karena pada jendela tersebut memungkinkan user untuk mengubah seluruh tampilan dari Zorin OS sesuai dengan keinginanya. Sama seperti kebanyakan Distro Linux lainya, Zorin OS juga mengijinkan user untuk mengunduh tema dari Internet untuk dipasang pada Zorin mereka.

      Start Menu default pada Zorin OS mengingatkan saya pada Start menu milik Windows 7. Dibagian kanan start menu tersebut terdapat kategori-kategori aplikasi yang mewakili fungsinya masing-masing seperti Accesorries, Games, Internet, dsb. sedangkan dibagian kanan Start menu terdapat shortcut direktori-direktori favorit seperti Home, Documents, Music, dsb. Start menu tersebut bisa kamu ubah dengan cara mengunduh dan menginstal tema dari internet terlebih dahulu.


      File Manager pada Zorin OS 12 memiliki tampilan default yang kurang lebih mirip dengan beberapa distribusi lain. Saya kurang puas dengan File Manager Zorin OS karena tidak memberikan daftar partisi yang di-mount oleh Perangkat sehingga kegiatan berpindah-pindah partisi agak terhambat. Overall File Manager Zorin OS tidak benar-benar istimewa namun juga tidak mengecewakan.

      Seperti yang sudah saya siggung diatas, pada Zorin OS 12 Ultimate sudah menyediakan beberapa aplikasi tertentu dan game secara default, namun karena saya menggunakan edisi Core, maka saya perlu menginstall program-program tersebut secara manual. untung saja semua program yang saya butuhkan sudah tersedia pada Software manager. Zorin OS 12 Core sejatinya sudah menyediakan program-program basic mereka seperti program office, web browser,  dan lain-lain.
      Libre Office adalah program office default Zorin OS 12. Kamu bisa langsung menjalankan bermacam-macam program Libre Office seperti Libre Office Calc, Libre Office Draw, dan lain-lain.

      Chromium merupakan Web Browser default Zorin OS 12, namun apabila kamu kurang nyaman dengan browser tersebut, kamu bisa memasang browser lainya secara instan padaZorin Web Browser Manager.


      Software manager pada Zorin OS 12 menyediakan semua program yang kamu inginkan dari mulai graphic, internet, samapi game. Semua program tersebut dapat kamu unduh dengan bebas dan gratis.